Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.


Mau Dapat Pulsa Gratis Tiap Minggu? Langsung Saja Download Aplikasinya Disini
Senin, 23 Mei 2016

Contoh Kegiatan Yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan Di Lingkungan Sekolah

Advertisement
Mau Pulsa Gratis Buat Beli Kuota Internet? Oke Langsung Saja Download Aplikasinya Disini

Advertisement
Contoh Kegiatan Yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan Di Lingkungan Sekolah - Pada kesempatan yang baik ini kita akan belajar tentang Contoh Persatuan dan Kesatuan Dilingkungan Sekolah. Semangat persatuan dalam bernegara merupakan pengikat suatu negara untuk dapat berdiri tegak selama-lamanya. Negara kesatuan republik Indonesia yang diproklamasikan tanggal 17 agustus 1945 tidak akan bertahan apabila diantara rakyat Indonesia tidak bersatu. Untuk tetap tegaknya persatuan dan kesatuan maka Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dijadikan landasan dan arah perjuangannya.

Jika kita tidak memiliki sikap persatuan, saat terjadi perbedaan pendapat atau perbedaan kepentingan, akan terjadi pertikaian dan perkelahian. Tiga contoh sikap yang menunjukkan sikap persatuan di lingkungan sekolah atau di rumah antara lain : gotong royong membersihkan rumah dan sekolah, bermain bersama semua teman tanpa membeda-bedakan teman, dan belajar bersama. Kegiatan gotong-royong merupakan contoh dari sikap persatuan yang perlu kita pertahankan.
Contoh Kegiatan Yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan Di Lingkungan Sekolah

Contoh Perilaku yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan

  1. Membersihkan lingkungan bersama-sama
  2. Menjenguk salah satu warga yang sakit
  3. Bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan.
  4. Saling menghormati orang yang berbeda agama, tidak membeda- bedakan suku.
  5. Bergotong royong membangun lingkungan sekitar.
Sikap persatuan dan kesatuan juga dapat diterapkan pada kegiatan yang kita lakukan di lingkungan sekolah. Berikut ini beberapa contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah diantaranya :
  1. Menjalankan Piket Kelas.
  2. Menghormati budaya lain. 
  3. Saling membantu teman yang kesulitan.
  4. Mentaati peraturan sekolah
Sedangkan contoh perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah antara lain sebagai berikut.
  1. Tawuran.
  2. Mengejek teman. 
  3. Memilih-milih teman dalam pergaulan
  4. Sombong dan Acuh terhadap teman.
Itulah pembahasan kami mengenai Contoh Kegiatan Yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan Di Lingkungan Sekolah. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Bagaimanakah Perwujudan Semangat Persatuan dan Kesatuan Dilingkungan Sekolah. semoga dapat bermanfaat 

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Kegiatan Yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan Di Lingkungan Sekolah

0 komentar: