Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Jumat, 20 Mei 2016

Sebutkan Ciri-Ciri Utama Gerakan Senam Irama

Advertisement

Advertisement
Sebutkan Ciri-Ciri Utama Gerakan Senam Irama - Pada kesempatan yang baik ini kita akan belajar tentang Ciri-Ciri Gerakan Senam Irama. Senam irama atau disebut juga aktivitas gerak berirama adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau pembelajaran bebas yang dilakukan secara berirama. Aktivitas gerak berirama dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Alat yang sering digunakan adalah gada, simpai, tongkat, bola, pita, topi dan lain-lain sebagainya. Ciri yang paling mendasar dari senam irama adalah pergantian antara ketegangan dengan pelepasan, dan menghanyutkan gerakan.

Ciri-ciri Senam Irama secara umum adalah sebagai berikut: 

  1. Mudah diikuti
  2. Tidak membutuhkan biaya yang mahal
  3. Diiringi musik atau nyanyian
  4. Melibatkan banyak peserta
  5. Bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
Kita perlu menguasai teknik gerakan pada senam irama agar mencapai gerakan yang serasi dan bermanfaat bagi jasmani dan rohani. Hal ini sesuai dengan tujuan senam yaitu membentuk keindahan tubuh, kebugaran dan kekuatan. Ada tiga hal yang harus ditekankan pada senam irama, yaitu : Ketepatan musik/irama, Kelentukan (fleksibilitas), Kontinuitas gerakan. Pada dasarnya irama telah dikenal oleh mahasiswa semasa di Sekolah Menengah Pertama maupun di sekolah Menengah Atas, misalnya irama: 2/3, 3/4, 4/4 dan sebagainya.
Ciri-Ciri Utama Gerakan Senam Irama

Ditinjau dari aspek geraknya, Persyaratan latihan senam irama meliputi tiga hal berikut ini.

1. Bentuk

Bentuk gerak adalah bagian dari aktivitas senam irama yang khas. Belajar senam irama adalah mengalami dan melihat syarat-syarat objektif dari bentuk dasar tertentu dari gerak. Setelahnya bentuk dasar betul-betul dikuasai, baru kemudian diberikan variasi-variasi. Misalnya bentuk gerak "mengeper" dalam mengayun lengan sesudah menguasi baru membuat kemungkinan variasi gerakannya.

2. Ruang

Setiap gerak selalu merupakan bagian dari gerak yang berkelanjutan. Gerak yang berkelanjutan ini terjadi dalam ruang dimensi sehingga setiap gerak juga mengandung pengalaman ruang. Oleh karena itu, dalam senam irama ruang gerak merupakan unsur yang harus dialami secara sadar. Bentuk gerak dengan variasi-variasinya mempunyai kemungkinan yang besar (dari kecil ke besar, dari tinggi ke rendah, dari melingkar ke lurus) dan kemungkinan ini harus dialami secara sadar dalam ruang gerak sebagai pedoman dari jalannya gerak.

3. Waktu

Perlu diketahui bahwa gerak itu harus terjadi secara berurutan, jalannya gerak terbagi dalam waktu yang berurutan pula. Urutan waktu itu terutama ditekankan pada "irama dan perubahan atau tekanan kekuatan". Jadi, yang kita amati sebagai irama gerak adalah bagian-bagian gerak yang dilakukan dengan sadar menurut bentuk, orientasi ruang, tekanan kekuatan, dan urutan waktu. Bentuk gerak, orientasi gerak, dan urutan waktu adalah dimensi pengalaman yang spesifik dari senam irama.

Itulah pembahasan kami mengenai Sebutkan Ciri-Ciri Utama Gerakan Senam Irama. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Sebutkan dan Jelaskan 3 Aliran Dalam Senam Irama Berdasarkan Perkembangannya. semoga dapat bermanfaat

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sebutkan Ciri-Ciri Utama Gerakan Senam Irama

0 komentar: