Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.


Mau Dapat Pulsa Gratis Tiap Minggu? Langsung Saja Download Aplikasinya Disini
Jumat, 11 Maret 2016

Sebutkan dan Jelaskan Asas-Asas Pembangunan Nasional

Advertisement
Mau Pulsa Gratis Buat Beli Kuota Internet? Oke Langsung Saja Download Aplikasinya Disini

Advertisement
Sebutkan dan Jelaskan Asas-Asas Pembangunan Nasional - Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai Asas Pembangunan Nasional. Pembangunan nasional Indonesia adalah paradigma Pembangunan yang terbangun atas pengalaman Pancasila yaitu pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya, dengan Pancasila sebagai dasar, tujuan, dan pedomannya. Dari amanat tersebut disadari bahwa pembangunan ekonomi bukan semata-mata proses ekonomi, tetapi suatu penjelmaan pula dari proses perubahan politik, sosial, dan budaya yang meliputi bangsa, di dalam kebulatannya.

Pembangunan Nasional merupakan cerminan kehendak terus-menerus meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia secara adil dan merata, serta mengembangkan kehidupan masyarakat dan penyelenggaraan negara yang maju dan demokratis berdasarkan Pancasila. Oleh karena itu, keberhasilan pembangunan di bidang ekonomi tidak dapat dilihat terlepas dari keberhasilan pembangunan di bidang politik Mekanisme dan kelembagaan politik berdasarkan UUD 1945 telah berjalan. Pelaksanan pemilu secara teratur selama Orde Baru juga sudah menunjukkan kemajuan perkembangan demokrasi.
Asas-Asas Pembangunan Nasional
Pembangunan di berbagai bidang selama ini memberikan kepercayaan kepada bangsa Indonesia bahwa upaya pembangunan telah ditempuh, seperti yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945, menunjukkan keberhasilan. Ini yang ingin dilanjutkan dan akan ditingkatkan dalam era baru pembangunan. Pembangunan Nasional Adalah pembangunan yang dilakukan dalam rangka melakukan perbaikan serta perubahan yang dilakukan dalam janhka waktu yang berkelanjutan guna mencapai cita bangsa dan kesejahteraan. Dalam melakukan pembangunan perlunya susunan rencana yang tidak menimbulkan kerugian tententu supaya pembangunan tersebut sesuai dengan keinginan.

Berikut merupakan asas-asas dalam pembangunan nasional :

Asas Pembangunan Nasional adalah prinsip pokok yang harus diterapkan dan dipegang teguh dalam perencanan dan pelaksanaan Pembangunan Nasional :

1. Asas Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Bahwa segala usaha dan kegiatan pembangunan nasioanl dijiwai, digerakkan dan dikenadalikan oleh keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME sebagai nilai luhur yang menjadi landasan spiritual, moral, dan etika dalam rangka pembangunan nasional sebagai pengamalan Pancasila.

2. Asas Manfaat

Bahwa segala usaha dan kegiatan pembangunan nasional memberikan manfaat bagi kemanusiaan, kesejahteraan rakyat dan pengembangan pribadi warga Negara serta mengutamakan kelestarian nilai-nilai luhur budaya bangsa.

3. Asas Demokrasi Pancasila

Bahwa untuk mencapai tujuan pembangunan nasional dilakukan dengan semangat kekeluargaan yang bercirikan kebersamaan, gotong royong, persatuan dan kesatuan melalui musyawarah untuk mencapai mufakat.

4. Asas Adil dan Merata

Bahwa pembangunan nasional dilakukan atas usaha bersama harus merata di semua lapisan masyarakat dan di seluruh wilayah tanah air dimana setiap warga Negara berhak memperoleh kesempatan berperan dan menikmati hasilnya secara adil sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan.

5. Asas Keseimbangan, Keserasian, dan Keselarasan dalam Perikehidupan

Bahwa dalam pembangunan nasional harus ada keseimbangan antara berbagai kepentingan, yaitu keseimbangan keserasian dan keselarasan antara kepentingan dunia dan akhirat, material dan spiritual jiwa raga, individu, masyarakat dan Negara, pusat dan daerah serta antardaerah, kepentingan kehidupan darat, laut dan udara serta kepentingan nasional dan internasional.

6. Asas Hukum

Bahwa setiap warga Negara dan penyelenggara Negara harus taat pada hukum yang berintikan keadilan dan kebenaran, serta Negara diwajibkan untuk menegakkan dan menjamin kepastian hukum.

7. Asas Kemandirian

Bahwa pembangunan nasional berlandaskan pada kepercayaan akan kemampuan dan kekuatan sendiri, serta bersendikan kepada kepribadian bangsa.

8. Asas Kejuangan

Bahwa penyelenggara Negara dan masyarakat harus memiliki mental, tekad, jiwa dan semangat pengabdian serta ketaatan dan disiplin yang tinggi dengan lebih mengutamakn kepentingan bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

9. Asas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Bahwa pembangunan nasional dapat memberikan kesejahteraan rakyat lahir batin yang setinggi-tingginya, penyelenggaraannya perlu menerapkan nilai- nilai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mendorong pemanfaatan, pengembangan, dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi secara seksama dan bertanggung jawab dengan mempertahankan nilai- nilai agama dan nilai-nilai luhur budaya bangsa.
Pembangunan Nasional Adalah pembangunan yang dilakukan dalam rangka melakukan perbaikan serta perubahan yang dilakukan dalam janhka waktu yang berkelanjutan guna mencapai cita bangsa dan kesejahteraan. Dalam melakukan pembangunan perlunya susunan rencana yang tidak menimbulkan kerugian tententu supaya pembangunan tersebut sesuai dengan keinginan. Pembangunan nasional dilaksanakan atas asas-asast yang telah ditentukan, berikat merupakan macam-macam asas dalam pembangunan nasional.

1. Asas kekeluargaan

Asas kekeluargaan artinya dalam melakukan pembangunan nasional dibutuhkan lingkungan dan kerjasama yang baik antara seluruh komponen warga Indonesia yang merasa bahwa pembangunan tersebut dilakukan guna kepentingan bersama

2. Asas kesadaran hukum

Asas kesadaran hukum artinya dalam melakukan pembangunan tentunya ada aturan-aturan yang membatasi apa saja yang dapat dilakukan dan bagaimana melakukannya agar terhindar dari pelanggaran ataupun tindakan melawan hukum

3. Asas demokrasi

Asas demokrasi artinya mengutamakan kepentingan rakyat yang pada hakikatnya pembangunan tersebut dilakukan atas kebutuhan dan keinginan rakyat

4. Asas adil dan merata

Asas adil dan merata artinya pembangunan dilakukan dengan seadil-adilnya, tidak ada wilayah yang terlewatkan dalam program pembangunan nasional, dilakukan secara merata dan menyeluruh demi keadilan seluruhnya

5. Asas manfaat

Asas manfaat artinya pembangunan yang dilakukan harus memiliki manfaat dalam pembangunannya, agar terhindar dari lumpuhnya pembangunan atau hasil pembangunan yang memyebabkan kerugian materil serta sia-sia

6. Asas perikehidupan dan keseimbangan

Asas perikehidupan dan keseimbangan artinya pembangunan yang baik juga meperhatikan beberapa faktor, pembangunan tidak dilakukan dengan keterpaksaan sehingga menimbulkan kerugian pada bidang lain

7. Asas kepercayaan bagi diri sendiri

Asas kepercayaan bagi diri sendiri artinya yakni pembangunan dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan tentunya pembangunan tersebut dilakukan atas kehendak sendiri tanpa ada paksaan dari luar.

Itulah pembahasan kami mengenai Sebutkan dan Jelaskan Asas-Asas Pembangunan Nasional. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Sebutkan dan Jelaskan Tugas Anggota Pembentukan Panitia Sembilan. semoga dapat bermanfaat.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sebutkan dan Jelaskan Asas-Asas Pembangunan Nasional

0 komentar: