Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Senin, 14 Maret 2016

Sebutkan dan Jelaskan 3 Aliran Dalam Senam Irama Berdasarkan Perkembangannya

Advertisement

Advertisement
Sebutkan dan Jelaskan 3 Aliran Dalam Senam Irama Berdasarkan Perkembangannya - Pada kesempatan yang baik ini kita akan belajar tentang 3 Aliran Dalam Senam Irama. Senam Irama atau disebut dengan senam modern ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik. Latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam irama dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Adapun alat yang sering digunakan adalah gada, tongkat, simpai, tali, pita, selendang, dan lain sebagainya. Senam irama merupakan senam yang dilakukan dengan menyatukan rasa seni rasa keindahan atau untuk membina dan meningkatkan seni gerak.

Pada prinsipnya senam irama dengan senam biasa tidak ada bedanya, hanya saja pada senam irama ditambahkan musik atau ritme. Senam irama adalah serangkaian gerak yang dipilih secara sengaja dengan cara mengikuti irama musik yang juga dipilih sehingga melakukan gerakan dengan ketentuan gerakan ritmis, kontinuitas, dan durasi tertentu. Senam irama dapat dilakukan secara individu, atau kelompok, namun agar dapat melakukan dengan bersemangat dan gembira lebih menyenangkan agar dilakukan secara berkelompok. Senam irama dalam gerakan-gerakannya menekankan pada unsur-unsur :  irama, kelenturan tubuh, kontinuitas gerakan, dan gerakan ayunan tangan.
Sebutkan 3 Aliran Dalam Senam Irama Berdasarkan Perkembangannya

Berikut 3 Aliran Dalam Senam Irama Berdasarkan Perkembangannya :

1. Senam irama yang berasal dari seni sandiwara

Aliran ini dipelopori oleh Delsarte tahun 1811 – 1871, seorang sutradara. Ia menghendaki agar gerakan dalam sandiwara yang dibuat-buat itu dapat dilakukan dengan gerakan yang wajar. Tetapi ia belum berhasil, karena sifat kesandiwaraan masih terlihat dalam aliran ini. Dialah yang pertama-tama menciptakan system senam irama.

2. Senam irama yang berasal dari seni musik

Aliran ini dipelopori oleh Jacques Dalcroze, seorang guru music yang ingin menyatakan lagu-lagu dalam bentuk gerakan. Dalam sistemnya sudah tentu lebih mementingkan music dari pada gerakan. Murid Dalcroze, Bode, berpendapat bahwa gerakan itu harus digerakkan dari dalam ke feri-feri. Maka senamnya terkenal dengan nama “Ausdruk Gymnastiek” artinya senam yang dijalankan dengan penuh perasaan. Murid Bode adalah yang sangat senang memberikan latihan dengan alat seperti bola, gada dan simpai.

3. Senam irama yang berasal dari seni tari

Aliran ini dipelopori oleh Rudolf Laban tahun 1879 – 1958. Ia berpendapat bahwa senam irama mengandung: Dressur dan Prestasi olahraga.

Itulah pembahasan kami mengenai Sebutkan dan Jelaskan 3 Aliran Dalam Senam Irama Berdasarkan Perkembangannya. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Jelaskan Visi dan Misi Pembangunan Nasional Indonesia Diwujudkan. semoga dapat bermanfaat

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sebutkan dan Jelaskan 3 Aliran Dalam Senam Irama Berdasarkan Perkembangannya

0 komentar: