Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Senin, 28 Agustus 2017

9 Pertanyaan Logika Tersulit dan Jawabannya Sederhana

Advertisement

Advertisement
Baca Juga :
9 Pertanyaan Logika Tersulit dan Jawabannya Sederhana - Apakah kamu suka dengan pertanyaan logika? mungkin bagi yang belum mengerti apa itu logika maka akan kami jelaskan sendiri menurut versi kami. Pertanyaan logika merupakan yang sengaja dibuat untuk membuat kita berpikir dan lebih tujuannya untuk membingungkan yang akan ditanyai. Jadi dimana seseorang yang ditanyai akan terikat dari asumsi-asumsi yang telah kita buat.
Pertanyaan Logika Tersulit
Pertanyaan logika ini sangat mirip dengan tebak tebakan, tetapi membutuhkan pemikiran yang lebih serta pemahaman yang luas untuk menjawabnya. Kamu juga bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang pertanyaan lucu yang mungkin bisa sangat menghibur teman atau pacar. Nah langsung saja dibawah ini ada beberapa pertanyaan logika yang akan cocok untuk mengisi waktu luang kamu.

Pertanyaan Logika 1

Ada seorang pria yang tinggal di lantai paling atas di sebuah apartemen yang sangat tinggi. Setiap hari ia menggunakan lift menuju ke lantai dasar, meninggalkan apartemen itu lalu pergi bekerja. Sekembalinya dari kerja, ia hanya bisa naik ke separuh perjalanan saja, sisanya ia harus berjalan kaki menggunakan tangga, kecuali hari sedang hujan. Mengapa? (Ini mungkin adalah teka-teki klasik yang paling terkenal dari sekian banyak teka-teki berpikir lateral yang ada. Meski terdapat banyak kemungkinan jawaban yang sesuai dengan kondisi-kondisi di atas, namun hanya ada sebuah jawaban “resmi” yang benar-benar memuaskan.
Jawabannya : Pria itu sangat, sangat pendek dan hanya bisa menjangkau tombol lantai separuh perjalanan ke atas gedung apartemennya. Tetapi, saat hari hujan ia membawa payung yang bisa ia gunakan untuk menekan tombol yang paling atas.

Pertanyaan Logika 02

Seorang pria menggunakan pakaian berwarna serba hitam, celana hitam, sepatu hitam, kaos kaki hitam, sarung tangan hitam, dan kacamata hitam. Ia berjalan di sebuah lorong hitam. Seluruh lampu di lorong itu padam total. Kemudian, sebuah kendaraan berwarna hitam dengan lampu yang juga padam meluncur memasuki lorong. Namun tepat di depan orang itu kendaraan berhenti. Bagaimana mungkin pengendara kendaraan bisa melihat lelaki itu?
Jawabannya : Saat itu adalah siang hari.

Pertanyaan Logika 03

Mengapa lubang penutup riol jalan tidak berbentuk persegi, melainkan bulat ? (Sebenarnya ini lebih merupakan pertanyaan logika ketimbang lateral, namun pertanyaan ini adalah teka-teki menarik yang bisa dipecahkan menggunakan tehnik berpikir lateral. Sebuah perusahaan perangkat lunak terkenal diketahui menggunakannya sebagai pertanyaan dalam wawancara dengan calon karyawan mereka.)
Jawabannya : Tutup riol yang berbentuk persegi dapat tergelincir jatuh ke dalam riol secara diagonal. Sedangkan tutup riol yang berbentuk bulat tidak akan bisa tergelincir jatuh ke dalam lubang. Demi keselamatan dan kepraktisan, semua tutup riol haruslah bulat.

Pertanyaan Logika 04

Seorang pria pergi ke sebuah pesta dan minum beberapa gelas punch (semacam minuman campuran dengan es batu). Tak lama kemudian ia pergi meninggalkan pesta. Semua orang lain dalam pesta itu yang juga minum punch meninggal karena keracunan. Mengapa pria tadi tidak ikut meninggal?
Jawabannya : Racun yang ada dalam minuman punch itu berasal dari balok-balok es. Ketika pria itu meminum punch, es-es itu masih membeku dengan sempurna. Namun, sedikit demi sedikit meleleh dan meracuni minuman punch seluruh tamu lainnya.

Pertanyaan Logika 05

Seorang pria masuk ke sebuah bar dan meminta segelas air putih pada bartender. Segera saja bartender itu mengeluarkan senapan dan menondongkannya pada pria itu. Pria itu malah mengucapkan “terima kasih” lalu meninggalkan bar. (Teka-teki ini dianggap sebagai teka-teki terbaik dalam kategorinya. Jawabannya benar-benar sederhana, mengejutkan dan memuaskan. Kebanyakan orang berusaha keras untuk memecahkan teka-teki ini sebelum mereka menyukai jawaban memuaskan yang diberikan. Untuk mengukur kemampuan anda, silakan periksa jawabannya di bawah ini.
Jawabannya : Pria itu sedang kecegukan (kesedakan). Bartender mengetahuinya ketika pria itu mengatakan permintaannya. Bartender segera mengeluarkan senapan untuk mengejutkan pria itu. Ternyata apa yang dilakukannya berhasil menyembuhkan kecegukan pria itu. Maka pria itu tak lagi memerlukan air putih. (Ini adalah teka-teki yang sederhana saja namun sulit untuk dijawab. Ini adalah contoh sempurna atas sebuah situasi yang kelihatannya aneh dan tak masuk akal ternyata mempunyai penjelasan yang jelas dan sederhana. Anehnya teka-teki klasik ini tampaknya berlaku di budaya dan bahasa yang berbeda-beda.)

Pertanyaan Logika 06

Seorang importir menerima kiriman barang dari luar negeri. Ia lupa berapa banyak barang yang ia pesan dan berapa harga masing-masing barang tersebut. Ia hanya ingat bahwa total harga barang tersebut adalah 1.111.111. Berapa banyak barang yang ia pesan dan berapa harga masing-masing barang tersebut ?
Jawabannya : Barang yang dipesan sebanyak 239 buah dengan harga 4649 perbuah.

Pertanyaan Logika 07

Ada sepuluh tumpuk batang emas, dan masing-masing tumpuk terdiri dari sepuluh batang emas. Setiap batang emas asli memiliki berat 1 Kg, dan setiap batang emas campuran memiliki berat kurang 1 gram dari emas yang asli. Salah satu tumpukan adalah tumpukan batang emas yang semuanya batangan emas campuran. Berapa kali penimbangan yang tercepat yang dapat dilakukan ? Ingat bahwa ada 10 tumpukan dengan10 batang emas pada masing-masing tumpukan, jadi semuanya ada 100 batang emas. Pertanyaan ini pertama kali saya dapatkan dari guru matematika SMP saya.
Jawabannya : Cukup satu kali penimbangan. Caranya ambil satu batang emas dari tumpukan pertama, ambil dua batang emas dari tumpukan kedua, ambil tiga batang emas dari tumpukan ketiga, dan seterusnya sampai tumpukan kesepuluh. Total batangan emas yang ditimbang adalah 1+2+3+4+5+6+7+8+9+10 = 55. Seharusnya total berat untuk 55 batang emas tersebut adalah 55 Kg. Jika beratnya ternyata kurang 1 gram, berarti tumpukan pertama adalah tumpukan batangan emas campuran. Jika beratnya berkurang 2 gram, berarti tumpukan kedua adalah tumpukan batangan emas campuran, dan seterusnya.

Pertanyaan Logika 08

Jika Anda mempunyai 5 pasang kaus kaki berwarna hitam, dan 7 pasang kaus kaki berwarna abu-abu, dan semuanya tersimpan menjadi satu dalam satu tempat. Berapa kali Anda harus mengambil agar Anda mendapatkan sepasang kaus kaki yang berwarna sama ? Ini adalah pertanyaan termudah yang seharusnya bisa Anda jawab dengan benar.
Jawabannya : Anda cukup mengambil 3 (tiga) kali.

Pertanyaan Logika 09

Ini adalah salah satu strategi perang jaman dulu yang masih sering ditiru oleh hampir semua negara. Asal strategi ini dari daratan China. Berikut adalah simulasinya. Anda menjadi komandan perang yang membawahi 3 (tiga) buah barisan pasukan dengan kekuatan yang berbeda-beda, yang pertama sangat kuat, yang kedua sedang, dan yang ketiga lemah. Anda juga tahu bahwa kekuatan musuh pun seperti Anda terdiri dari tiga barisan pasukan, yang kuat, sedang dan lemah. Dapatkah Anda memenangkan perang tersebut ?
Jawabannya : Anda dapat menang dalam perang jika Anda menggunakan strategi berikut. Pertama, Adu barisan lemah Anda dengan barisan kuat musuh (Anda kalah). Kedua adu barisan sedang Anda dengan barisan lemah musuh (Anda menang). ketiga adu barisan kuat Anda dengan barisan sedang musuh (Anda menang). Anda akan kalah sekali dan menang dua kali
Itulah pembahasan kami mengenai 9 Pertanyaan Logika Tersulit dan Jawabannya Sederhana. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik terkait tulisan ini, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang 10 Contoh Soal Pertanyaan Tentang Pancasila dan Jawabannya. semoga dapat bermanfaat.  

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 9 Pertanyaan Logika Tersulit dan Jawabannya Sederhana

0 komentar: