Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Senin, 28 Agustus 2017

Contoh Pertanyaan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

Advertisement

Advertisement
Baca Juga :
Contoh Pertanyaan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar - Pada kesempatan kali ini kita kan belajar bersma mengenai Pertanyaan Bahasa Indonesia. Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dapat di artikan pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan di samping itu mengikuti kaidah bahasa yang betul.Ungkapan bahasa Indonesia yang baik dan benar mengacu ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran.Bahasa  yang di ucapkan harus baku. Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar mempunyai  beberapa konsekuensi logis terkait dengan pemakaianya sesuai dengan situasi dan kondisi .
Pertanyaan Bahasa Indonesia
Pada kondisi tertentu ,yaitu pada situasi formal pengguanaan bahasa Indonesia yang benar menjadi pioritas uutama. Penggunaan bahasa seperti ini sering menggunakan bahasa baku .Kendala yang harus di hindari dalam pemakaian bahasa baku antara lain disebabkan oleh adanya gejala bahasa seperti interferensi ,integrasi ,campur kode,alih kode dan bahasa gaul yang tanpa disadari sering digunakan dalam komunikasi resmi.Hal ini mengakibatkan bahasa yang digunakan menjadi tidak baik. Nah berikut ini Contoh Pertanyaan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar yang bisa kamu simak.

1. Contoh pertanyaan sehari-sehari dengan menggunakan bahasa yang baku

Misalkan ketika dalam dialog antara seorang guru dengan seorang siswa
  • Pak guru : Rino apakah kamu sudah mengerjakan PR?
  • Dina : sudah saya kerjakan pak.
  • Pak guru : Baiklah kalau begitu , segera dikumpulkan.
  • Dina : terima kasih Pak

2. Contoh pertanyaan pada undang-undang dasar

Undang-undang dasar 1945 pembukaan bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.
Dari beberapa kalimat dalam undang-undang tersebut menunjukan bahasa yang sangat baku,dan merupakan pemakaian bahasa secara baik dan benar.

3. Apa yang dimaksud slogan “Gunakanlah Bahasa Indonesia dengan baik dan benar ?

Jawabannya : Bahasa yang baik adalah bahasa yang mempunyai nilai rasa yang tepat dan sesuai dengan situasi pemakaianya. Bahasa yang benar adalah bahasa yang menerapkan kaidah dengan konsisten
Itulah pembahasan kami mengenai Contoh Pertanyaan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik terkait tulisan ini, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang 34 Pertanyaan Bahasa Inggris Sehari-hari dan Artinya. semoga dapat bermanfaat.  

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Pertanyaan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

0 komentar: