Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Jumat, 11 Agustus 2017

10 Contoh Soal Pertanyaan Tentang Pancasila dan Jawabannya

Advertisement

Advertisement
Baca Juga :
Sebelum membahas tentang 10 Contoh Soal Pertanyaan Tentang Pancasila dan Jawabannya alangkah baiknya kita mempelajari dulu apa yang disebut dengan Pertanyaan Tentang Pancasila, berikut penjelasannya. Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.
Soal Pertanyaan Tentang Pancasila
Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945. Nah berikut ini Contoh Soal Pertanyaan Tentang Pancasila dan Jawabannya yang bisa kamu simak.

1. Apakah yang dimaksud dengan dasar Negara ?

Jawabannya : Dasar Negara adalah sumber bagi pembentukan konstitusi dalam negara. Atau dapat diartikan Fundamen yang kokoh dan kuat serta bersumber dari pandangan hidup atau falsafah (cerminan dari peradaban, kebudayaan, keluhuran budi dan kepribadian yang tumbuh dalam sejarah perkembangan indonesia) yang diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

2. Apa yang dimaksud dengan pandangan hidup?

Jawabannya : pandangan hidup adalah suatu hal yang dijadikan sebagai pedoman hidup, dimana dengan aturan aturan yang di buat untuk mencapai yang di cita citakan.

3. Jelaskan kedudukan dan fungsi pancasila sebagai dasar Negara!

Jawabannya : kedudukan pancasila di indonesia sangat tinggi,ia mempunyai kedudukan ke2 setelah UUD 1945 dan merupakan dasar negara indonesia.
Fungsinya:
  1. Sebagai dasar negara.
  2. Sebagai pandangan hidup sebuah bangsa.
  3. Sebagai pilar kebangsaan indonesia.
  4. Merupakan contoh peraturan paling adil&real di indonesia.

4. Jelaskan kedudukan dan fungsi pancasila sebagai pandangan hidup bangsa!

Jawabannya : Kedudukan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah sebagai dasar negara.
Fungsinya : Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dipergunakan sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari – hari masyarakat Indonesia baik dari segi sikap maupun prilaku masyarakat Indonesia haruslah selalu dijiwai oleh nilai – nilai luhur pancasila.

5. Jelaskan arti penting pandangan hidup bagi bangsa Indonesia!

Jawabannya : arti penting pandangan hidup bagi bangsa indonesia adalah sebagai pegangan dan pedoman hidup bagi seluruh rakyat indonesia, serta sebagai pemecah masalah-masalah politik agar tidak menimbulkan perpecahan.

6. Jelaskan makna sila dalam pancasila merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan!

Jawabannya : Tidak terpisahkan karena Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh dan saling berkaitan. Sila – sila dalam pancasila merupakan rangkaian kesatuan yang bulat sehingga tidak dapat dipisahkan satu sama lain atau tidak dapat dibagi – bagi

7. Jelaskan hubungan antar sila dalam pancasila!

Jawabannya : Seluruh sila dari Pancasila tersebut tidak dapat dilaksanakan secara terpisah – pisah. Karena Pancasila merupakan satu – kesatuan yang utuh dan saling berkaitan. Sila – sila dalam Pancasila merupakan rangkaian kesatuan yang bulat sehingga tidak dapat dipisah – pisahkan satu sama lain atau tidak dapat dibagi – bagi atau diperas.

8. Jelaskan 5 (lima) nilai yang terkandung dalam sila ketuhanan yang maha esa!

Jawabannya : ketakwaan terhadap tuhan yang maha esa,toleransi,kebebasan beribadah,penghormatan kepada agama/kepercayaan lain,benturan dan kerja sama antar umat beragama.

9.  Jelaskan 4 (empat) perwujudan sila kemanusiaan yang adil dan beradab di lingkungan masyarakat!

Jawabannya :
  1. Saling menghargai antar sesama masyrakat
  2. Tidak mencari perkara yang merugikan bagi masyrakat
  3. Menunjukkan prilaku yang baik, sopan, santun di masyarakat
  4. Menunujukkan sikap adil dalam suatu forum dalam masyarakat

10. Jelaskan 4 (empat) perwujudan sila persatuan Indonesia di lingkungan sekolah!

Jawabannya :
  1. Bergotong royong,
  2. Ttidak saling mengejek
  3. Tidak bertengkar
  4. Melakukan persatuan dalam kerja kelompok
Itulah pembahasan kami mengenai 10 Contoh Soal Pertanyaan Tentang Pancasila dan Jawabannya. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik terkait tulisan ini, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Contoh Soal Pertanyaan Tentang Ham dan Jawabannya. semoga dapat bermanfaat.  

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Contoh Soal Pertanyaan Tentang Pancasila dan Jawabannya

0 komentar: