Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Kamis, 10 Maret 2016

Sebutkan dan Jelaskan 6 Agenda Reformasi 1998 Yang Disuarakan Mahasiswa

Sebutkan dan Jelaskan 6 Agenda Reformasi 1998 Yang Disuarakan Mahasiswa - Pada kesempatan yang baik ini kita akan belajar mengenai Agenda Reformasi 1998 Yang Disuarakan Mahasiswa. Gerakan Mahasiswa Indonesia 1998 adalah puncak gerakan mahasiswa dan gerakan rakyat pro-demokrasi pada akhir dasawarsa 1990-an. Gerakan ini menjadi monumental karena dianggap berhasil memaksa Soeharto berhenti dari jabatan Presiden Republik Indonesia pada tangal 21 Mei 1998, setelah 32 tahun menjadi Presiden Republik Indonesia sejak dikeluarkannya Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) pada tanggal 11 Maret 1966 hingga tahun 1998.

Pada April 1998, Soeharto terpilih kembali menjadi Presiden Republik Indonesia untuk ketujuh kalinya (tanpa wakil presiden), setelah didampingi Try Soetrisno (1993-1997) dan Baharuddin Jusuf Habibie (Oktober 1997-Maret 1998). Namun, mereka tidak mengakui Soeharto dan melaksanakan pemilu kembali. Pada saat itu, hingga 1999, dan selama 29 tahun, Partai Golkar merupakan partai yang menguasai Indonesia selama hampir 30 tahun, melebihi rejim PNI yang menguasai Indonesia selama 25 tahun.
Sebutkan dan Jelaskan 6 Agenda Reformasi 1998 Yang Disuarakan Mahasiswa
Namun, terpliihnya Soeharto untuk terakhir kalinya ini ternyata mendapatkan kecaman dari mahasiswa karena krisis ekonomi yang membuat hampir setengah dari seluruh penduduk Indonesia mengalami kemiskinan. Gerakan ini mendapatkan momentumnya saat terjadinya krisis moneter pada pertengahan tahun 1997. Namun para analis asing kerap menyoroti percepatan gerakan pro-demokrasi pasca Peristiwa 27 Juli 1996 yang terjadi 27 Juli 1996. Harga-harga kebutuhan melambung tinggi, daya beli masyarakat pun berkurang.

Tuntutan mundurnya Soeharto menjadi agenda nasional gerakan mahasiswa. Ibarat gayung bersambut, gerakan mahasiswa dengan agenda reformasi mendapat simpati dan dukungan dari rakyat. Demonstrasi bertambah gencar dilaksanakan oleh para mahasiswa, terutama setelah pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM dan ongkos angkutan pada tanggal 4 Mei 1998.

Agenda reformasi yang disuarakan oleh para mahasiswa angkatan 1998 meliputi :

  1. Adili Soeharto dan kroni-kroninya,
  2. Laksanakan amandemen UUD 1945,
  3. Hapuskan Dwi Fungsi ABRI,
  4. Pelaksanaan otonomi daerah yang seluas-luasnya,
  5. Tegakkan supremasi hukum,
  6. Ciptakan pemerintahan yang bersih dari KKN
Gedung parlemen, yaitu Gedung Nusantara dan gedung-gedung DPRD di daerah, menjadi tujuan utama mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia. Seluruh elemen mahasiswa yang berbeda paham dan aliran dapat bersatu dengan satu tujuan untuk menurunkan Soeharto. Organisasi mahasiswa yang mencuat pada saat itu antara lain adalah FKSMJ dan Forum Kota karena mempelopori pendudukan gedung DPR/MPR. Meski salah satu agenda perjuangan mahasiswa yaitu menuntut lengsernya sang Presiden tercapai, namun banyak yang menilai agenda reformasi belum tercapai atau malah gagal.

Gerakan Mahasiswa Indonesia 1998 juga mencuatkan tragedi Trisakti yang menewaskan empat orang Pahlawan Reformasi. Pasca Soeharto mundur, nyatanya masih terjadi kekerasan terhadap rakyat dan mahasiswa, yang antara lain mengakibatkan tragedi Semanggi yang berlangsung hingga dua kali. Gerakan Mahasiswa Indonesia 1998 juga memulai babak baru dalam kehidupan bangsa Indonesia, yaitu era Reformasi. Sampai saat ini, masih ada unjuk rasa untuk menuntut keadilan akibat pelanggaran HAM berupa pembunuhan besar-besaran yang dilakukan oleh aparat terhadap keempat orang mahasiswa.

Penjelasan Agenda Reformasi Dalam Bidang Politik :

  1. Reformasi di bidang ideologi negara dan konstitusi
  2. Pemberdayaan MPR, DPR, DPR
  3. Reformasi lembaga kepresidenan dan kabint
  4. Pembaharuan kehidupan politik yaitu memperdayakan partai politik untuk menegakkan kedaulatan rakyat, maka harus dikembangkan sistem multipartai yang demokratis tanpa intervensi pemerintah.
  5. Penyelenggaraan Pemilu.
  6. Birokrasi sipil mengarah pada terciptanya institusi birokrasi yang netral dan profesiona
  7. Sistem pemerintah daerah dengan sasaran memperdayakan otonomi daerah berdasarkan asas desentralisasi.

Penjelasan Agenda Reformasi Dalam Bidang Ekonomi :

  1. Perbaikan ekonomi dan kesejahteraan pada bidang perbankan, perdagangan, dan koperasi serta pinjaman luar negeri
  2. Penghapusan monopoli dan oligopoli.
  3. Mencari solusi yang konstruktif dalam mengatasi utang luar negeri.

Penjelasan Agenda Reformasi Dalam Bidang Hukum :

  1. Terciptanya keadilan atas dasar HAM.
  2. Dibentuk peraturan perundang-undangan yang sesuai dengan tuntutan
  3. Fokus pada integrasi nasional.

Penjelasan Agenda Reformasi Dalam Bidang pendidikan :

  1. Pemecahan masalah kurikulum di Indonesia agar lebih baik

Itulah pembahasan kami mengenai Sebutkan dan Jelaskan 6 Agenda Reformasi 1998 Yang Disuarakan Mahasiswa. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Sebutkan dan Jelaskan Asas Pemilu Di Indonesia Dahulu Sampai Sekarang. semoga dapat bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sebutkan dan Jelaskan 6 Agenda Reformasi 1998 Yang Disuarakan Mahasiswa

0 komentar: