Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Kamis, 10 Maret 2016

Sebutkan dan Jelaskan Tugas Anggota Pembentukan Panitia Sembilan

Advertisement

Advertisement
Sebutkan dan Jelaskan Tugas Anggota Pembentukan Panitia Sembilan - Pada kesempatan yang baik ini kita akan belajar mengenai Tugas Anggota Pembentukan Panitia Sembilan. Panitia Sembilan adalah sebuah tim kecil yang beranggotakan 9 orang yang dibentuk secara khusus untuk menyusun rumusan dasar Negara Indonesia. Panitia ini dibentuk dua bulanan sebelum Proklamasi Kemerdekaan, yakni pada 22 Juni 1945 berdasarkan keputusan sebuah panitia kecil yang diketuai Ir. Soekarno.

Panitia kecil tersebut menyusul selesainya sidang pertama BPUPKI (Badan Persiapan Usaha Pelaksanaan Kemerdekaan Indonesia) kemudian memberi mandat kepada Panitia Sembilan untuk menyerap aspirasi, gagasan dan ide dari seluruh anggotanya mengenai dasar Negara Indonesia. Dibawah ini akan kami jelaskan secara lengkap seputar pembentukan panitia sembilan ini.
Sebutkan dan Jelaskan Tugas Anggota Pembentukan Panitia Sembilan

Siapa Saja Yang Menjadi Anggota Panitia Sembilan :

  1. Ir. Soekarno (ketua)
  2. Drs. Mohammad Hatta (wakil ketua)
  3. Mr. Achmad Soebardjo (anggota)
  4. Mr. Mohammad Yamin (anggota)
  5. KH. Wahid Hasjim (anggota)
  6. Abdoel Kahar Moezakir (anggota)
  7. Abikoesno Tjokrosoejoso (anggota)
  8. H. Agus Salim (anggota)
  9. Mr. Alexander Andries Maramis (anggota)
Setelah melakukan kompromi antara 4 orang dari kaum kebangsaan (nasionalis) dan 4 orang dari pihak Islam, tanggal 22 Juni 1945 Panitia Sembilan menghasilkan rumusan dasar negara yang dikenal dengan Piagam Jakarta (Jakarta Charter). Piagam Jakarta inilah yang menjadi cikal bakal Pembukaan UUD 1945 dengan perubahan pada sila pertama yang berdasarkan pada berbagai pertimbangan mengenai sebuah negara kesatuan.

Isi Piagam Jakarta Diantaranya :

  1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Hasil Kerja Panitia Sembilan Tanggal 14 Juli 1945 :

  1. Pernyataan Indonesia Merdeka.
  2. Pembukaan Undang-Undang Dasar.
  3. Undang-Undang Dasar.

Tugas Dari Keanggotaan Panitia Sembilan Yang Dibentuk BPUPKI :

  1. Bertanggung jawab penuh dalam pembentukan dasar negara.
  2. Memberikan usul-usul baik lisan maupun tulisan serta membahas dan merumuskan dasar negara Indonesia merdeka.
  3. Setelah mengusulkan,mereka juga menampung berbagai aspirasi tentang pembentukan dasar negara Indonesia merdeka dari berbagai tokoh.
  4. Setelah mereka mengusulkan dan menampung aspirasi-aspirasi tentang dasar negara,mereka juga harus menyusun sebuah naskah rancangan pembukaan hukum dasar yang kemudian oleh Mr.Muhammad Yamin diberi nama "Piagam Jakarta". 
Itulah pembahasan kami mengenai Sebutkan dan Jelaskan Tugas Anggota Pembentukan Panitia Sembilan. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Sebutkan dan Jelaskan 6 Agenda Reformasi 1998 Yang Disuarakan Mahasiswa. semoga dapat bermanfaat.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sebutkan dan Jelaskan Tugas Anggota Pembentukan Panitia Sembilan

0 komentar: