Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Sabtu, 10 Desember 2016

Jelaskan Arti Penting Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup

Jelaskan Arti Penting Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup - Pada kesempatan yang sangat baik ini kita semua akan belajar tentang Arti Penting Pancasila Sebagai Dasar Negara. Pancasila merupakan unsur penting bagi Indonesia. Pancasila dapat diartikan sebagai dasar negara atau dapat pula disebut sebagai falsafah negara atau ideology negara. Selain itu, pancasila juga merupakan dasar untuk mengatur pemerintahan negara. Pancasila juga digunakan sebagai dasar penyelenggaraan sebuah negara.
Jelaskan Arti Penting Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup
Maksud dari pancasila sebagai dasar negara bahkan tertuang dalam pembukaan UUD 1945 alenia IV yang berbunyi “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.” Sebagai sebuah dasar negara, pancasila digunakan untuk mengatur tatanan negara. Hal tersebut berarti bahwa peraturan yang ada di Indonesia disusun berdasarkan pancasila.

Jelaskan Arti Penting Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa

  1. Pancasila sangat penting sebagai dasar negara karena merupakan sumber dari segala sumber hukum dalam kehidupan ketatanegaraan Indonesia dan digunakan sebagai dasar untuk mengatur kehidupan negara Indonesia.
  2. Pancasila digunakan sebagai dasar atau acuan dalam penyelenggaraan negara.
  3. Pancasila sebagai landasan hidup berbangsa dan bernegara
  4. Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa

Arti Penting Pancasila Sebagai Dasar Negara Menjadi Alat Pemersatu

Sebagai pemersatu bangsa, Pancasila mutlak diperlukan oleh seluruh generasi bangsa. Sekalipun bangsa Indonesia yang sekarang sudah bersatu, tidak berarti Pancasila tidak diperlukan lagi. Karena yang disebut bangsa Indonesia bukan hanya yang sekarang ini ada, tetapi juga yang nanti akan ada. Selama masih terjadi proses regenerasi, selama itu pula Pancasila sebagai pemersatu Bangsa masih tetap kita perlukan.

Itu berarti, selama masih ada bangsa Indonesia, selama itu pula masih kita perlukan alat pemersatu bangsa. Ini berarti, bahwa selama masih ada bangsa Indonesia, maka Pancasila sebagai dasar negara masih tetap kita butuhkan. Ini sekaligus membuktikan kebenaran Pancasila, baik selaku dasar Negara, maupun sebagai kepentingan lain. Sehingga Pancasila menunjukkan memiliki banyak fungsi atau multy function.

Itulah pembahasan kami mengenai Jelaskan Arti Penting Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Contoh Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Sehari-hari. semoga dapat bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jelaskan Arti Penting Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup

0 komentar: