Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Sabtu, 10 Desember 2016

Contoh Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Sehari-hari

Advertisement

Advertisement
Baca Juga :
Contoh Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Sehari-hari - Pada kesempatan yang sangat baik ini kita semua akan belajar tentang Contoh Pancasila Sebagai Dasar Negara. Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia yang disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 dan tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Namun perlu diketahui dan dipahami oleh semua orang bahwa asal mula Paancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia adalah dari unsur-unsur yang berupa nilai-nilai yang terdapat pada bangsa Indonesia yang berupa pandangan hidup bangsa Indonesia itu sendiri.
Contoh Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Sehari-hari
Di era globalisasi ini sebagian besar rakyat Indonesia tidak mengetahui makna dari Pancasila, padahal perumusan pancasila terbentuk dalam jangka waktu yang panjang dan penuh dengan pengorbanan. Dan perlu kita ketahui bahwa dalam pancasila terdapat nilai-nilai luhur yang harus kita jadikan pedoman hidup agar hidup kita bisa berlandaskan Pancasila dan menjadi warga Negara yang memiliki sikap Patriotisme, Nasionalisme dan memiliki sifat yang Pancasilaisme. Dengan begitu pancasila akan dijadikan pedoman hidup bangsa karena memiliki nilai-nilai yang bermakna bagi kehidupan.

Sebagai bangsa indonesia kita harus saling menghormati antar pemeluk agama yang satu dengan agama yang lain, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan untuk menuju masyarakat yang adil dan saling hormat-menghormati agar tercipta ketentraman dalam kehidupan bernegara, menyadari bahwa indonesia itu terdiri dari berbagai macam suku, bahasa yang tergabung dalam satu kesatuan yang utuh, dalam segala masalah kita harus mengedepankan sifat bermusyawarah untuk bermufakat dalam rangka mencapai negara yang adil dan sejahtera.

Contoh Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Negara Didalam Kehidupan Sehari-Hari?

  1. Beribadah sesuai dengan ajaran agamanya. contoh : Islam, sholat dan puasa dll.
  2. Bersikap adil dalam memutuskan suatu masalah.
  3. Gotong - royong dan rukun antar warga.
  4. Musyawarah untuk memecahkan masalah.
  5. Tidak membeda-bedakan antar warga berdasarkan status sosial.
Itulah pembahasan kami mengenai Contoh Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Sehari-hari. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara. semoga dapat bermanfaat. 

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Sehari-hari

0 komentar: