Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Jumat, 09 Desember 2016

Sebutkan Butir Butir Pancasila Beserta Contohnya

Advertisement

Advertisement
Sebutkan Butir Butir Pancasila Beserta Contohnya - Pada kesempatan yang sangat baik ini kita semua akan belajar tentang Butir Butir Pancasila. Hari ini adalah Hari Lahir Pancasila, dan saya yakin sebagian dari kita tidak bisa menyebutkan dengan benar kelima sila dari Pancasila. Apalagi disuruh menyebutkan 45 butir pengamalan Pancasila seperti yang tertuang dalam P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) pada Tap MPR No. II/MPR/1978 Seandainya saja Bangsa Indonesia benar-benar meresapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, tentunya degradasi moral dan kebiadaban masyarakat kita dapat diminimalisir.
Sebutkan Butir Butir Pancasila Beserta Contohnya
Kenyataannya sekarang yaitu setelah era reformasi, para reformator alergi dengan semua produk yang berbau orde baru termasuk P4 sehingga terkesan meninggalkannya begitu saja. Belum lagi saat ini jati diri Indonesia mulai goyah ketika sekelompok pihak mulai mementingkan dirinya sendiri untuk kembali menjadikan negara ini sebagai negara berideologi agama tertentu. Nah berikut ini penjelasan singkat mengenai butir butir pancasila beserta contohnya :

1. Ketuhanan Yang Maha Esa.

Dalam sila pertama ini mengandung arti bahwa setiap masyarakat wajib memeluk agama atau beragama serta memiliki sikap toleransi dengan masyarakat yang memeluk agama lainnya.
Contohnya : Mengimani adanya Tuhan dan melaksanakan perintah Tuhan dan menjauhi larangan tuhan

2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab

Dalam sila yang kedua ini mengandung arti bahwa setiap warga negara indonesia memiliki derajat yang sama dimata hukum serta harus memiliki sikap/adab yang baik dalam berwarga negara.
Contohnya :  Saling mencintai sesama manusia, mengembangkan sikap tenggang rasa,Tidak semena-mena terhadap orang lain, Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

3. Persatuan Indonesia

Dalam sila yang ketiga ini mengandung arti bahwa walaupun indonesia memiliki suku, bangsa serta agama yang berbeda-beda namun Indonesia dalam menyatukan itu semua dalam sebuah Persatuan, karna dengan itu bangsa ini akan lebih maju dan lebih berwarna dengan perbedaan budaya yang ada.
Contohnya : Menempatkan kesatuan, persatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan, dalam Permusyawaratan / Perwakilan

Dalam silayang keempat ini mengandung arti bahwa setiap permasalahan yang ada di Indonesia harus di selesaikan secara Musyawarah dengan mengambil keputusan yang bijaksana sehingga hasilnya tidak ada yang merasa dirugikan.
Contohnya : Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai kebenaran dan keadilan.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Dalam sila terakhir ini atau sila yang kelima ini setiap warga negara / masyarakat indonesia mempunyai hak atau harus mendapatkan keadilan dari negaranya disegala sektor. tidak ada diskriminasi antar rakyat indonesia.
Contohnya : Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong-royong.
Itulah pembahasan kami mengenai Sebutkan Butir Butir Pancasila Beserta Contohnya. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Sebutkan dan Jelaskan Isi Pancasila dan Makna Sila Ke 1, 2, 3, 4, 5. semoga dapat bermanfaat.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sebutkan Butir Butir Pancasila Beserta Contohnya

0 komentar: