Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Sabtu, 10 Desember 2016

Kedudukan dan Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Advertisement

Advertisement
Kedudukan dan Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa - Pada kesempatan yang sangat baik ini kita semua akan belajar tentang Kedudukan dan Fungsi Pancasila. Dalam proses perumusan pandangan hidup masyarakat dituangkan menjadi pandangan hidup bangsa dan selanjutnya pandangan hidup bangsa dituangkan menjadi pandangan hidup Negara. Pandangan hidup bangsa dapat disebut sebagai ideology bangsa dan pandangan hidup Negara dapat disebut sebagai ideology Negara. Dalam kehidupan modern antara pandangan hidup masyarakat dengan pandangan hidup bangsa memiliki hubungan yang bersifat timbal balik. Pandangan hidup bangsa diproyeksikan kembali kepada pandangan hidup masyarakat serta tercermin dalam sikap hidup pribadi warganya.
Kedudukan dan Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa
Dalam Negara Pancasila pandangan hidup masyarakat tercermin dalam kehidupan Negara yaitu pemerintah terikat oleh kewajiban constitutional, yaitu kewajiban pemerintah dan lain-lain penyelenggara Negara untuk memelihara budi pekerti kemanusiaan yang luhur dan memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur. Transformasi pandangan hidup masyarakat menjadi pandangan hidup bangsa dan akhirnya menjadi dasar Negara juga terjadi pada pandangan hidup pancasila. Sebelum pancasila dirumuskan menjadi dasar Negara dan dan ideology Negara.

Nilai-nilainya sudah terdapat dalam bangsa Indonesia dalam adat istiadat , dalam budaya serta dalam agama sebagai pandangan hidup masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia dalam hidup bernegara telah memiliki suatu pandangan hidup bersama yang bersumber pada akar budaya dan nilai-nilai religi. Dengan suatu pandangan hidup yang diyakininya bangsa Indonesia akan mampu memandang dan memecahkan segala persoalan yang dihadapinya dalam segala aspek seperti masalah politik, social budaya, ekonomi, hukum, hankam, dan persoalan lainnya.
Kedudukan dan fungsi pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia : Sebagai pandangan hidup bangsa indonesia, pancasila adalah kristalisasi atau kumpulan dari pengalaman hidup di dalam perjalanan sejarah dari bangsa indonesia yang telah membentuk, watak, perilaku, sikap, moral, etika serta tata nilai yang melahirkan pandangan hidup. Pancasila sebagai pandangan hidup, memberikan arah bagi negara indonesia dalam setiap kegiatan dan aktifitas hidup di bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Itulah pembahasan kami mengenai Kedudukan dan Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Contoh Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa dan Negara. semoga dapat bermanfaat.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kedudukan dan Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

0 komentar: